" 𝐂𝐚𝐫𝐚 𝐆𝐚𝐦𝐩𝐚𝐧𝐠 𝐌𝐞𝐧𝐚𝐠𝐢𝐡 𝐇𝐮𝐭𝐚𝐧𝐠 𝐤𝐞 𝐓𝐞𝐦𝐚𝐧 𝐘𝐚𝐧𝐠 𝐌𝐞𝐧𝐝𝐚𝐝𝐚𝐤 𝐏𝐢𝐤𝐮𝐧 "

 

𝗞𝗮𝗹𝗮𝘂 𝗽𝘂𝗻𝘆𝗮 𝗵𝘂𝘁𝗮𝗻𝗴 𝗶𝘁𝘂 𝗱𝗶𝗯𝗮𝘆𝗮𝗿 𝗯𝗿𝗼..

Jadi gini, saya tuh orangnya kebiasaan gak bisa nolak kalau ada temen yang mau pinjam uang ke saya.
Baik, karena saya merasa saya bisa bermanfaat dan bisa menolong kawan yang memang sedang butuh duit. Namun di sisi lain, juga buruk karena ternyata ada beberapa pinjaman yang tidak kembali dan itu justru menjadi masalah tersendiri.
Kepercayaan yang saya berikan kerap tidak terbalas dengan baik. Beberapa kawan susah sekali saat saya tagih untuk mengembalikan uangnya. Hal yang justru kemudian membikin saya susah dan sungkan sendiri.

Bagi kalian yang memiliki problem sama kek aku, aku mau ngasih tips supaya gampang menagih hutangnya wkwk. ada yang berhasil ada yang nggak sih ini..

𝟏. 𝐒𝐢𝐧𝐝𝐢𝐫 𝐝𝐢 𝐌𝐞𝐝𝐬𝐨𝐬
Sindir aja terus dimedsos supaya temen kalian sadar bahwa ia memiliki hutang yang harus dibayarkan ke anda.
Contoh : " Eh bro, uangku yang nyangkut dikalian apa tidak ada cita" untuk mengembalikan ya? "

𝟐. 𝐒𝐚𝐦𝐩𝐞𝐫𝐢𝐧 𝐤𝐞 𝐑𝐮𝐦𝐚𝐡𝐧𝐲𝐚
Samperin kerumahnya dan omongin baik" tentang hutang yang belum ia kembalikan

𝟑. 𝐁𝐚𝐥𝐞𝐬 𝐁𝐞𝐫𝐡𝐮𝐭𝐚𝐧𝐠
Ajak dia ngopi sambil bisikan " bro pinjem uang dong, buat beliin skinker pacarku nih. kalau ngga aku nanti diputusin lohhh. "

Pinjam uang separuhnya ( hutangnya) aja biar si doi mau menghutangi kamu. Kalau dia nolak, bisikin lagi " Ah, dulu kamu pinjem uang kupinjemin, masak iya temen kok gabisa diajak gantian "

𝟒. 𝐇𝐚𝐥𝐚𝐥𝐤𝐚𝐧
Halalkan maksudnya di sini adalah, kita memberi kehalalan kepada apa-apa yang sudah mereka utangi dari kita dan tidak mengembalikannya. Toh kita juga sudah berusaha semaksimal mungkin untuk terus mengingatkannya dan menagihnya meskipun hasilnya nol.

𝟓. 𝐒𝐡𝐚𝐫𝐞 𝐀𝐫𝐭𝐢𝐤𝐞𝐥 𝐈𝐧𝐢
Kalau kamu malas atau masih malu untuk nagih" seperti yang sudah saya ketik di atas itu. Kalian tinggal share postingan ini aja dan kasih caption " Eh, Kepencet Share "

Kalau bicara soal utang piutang emang sulit sih, tapi mau gimana lagi. Untuk kedepannya kita harus berani untuk MENOLAK permintaan hutang temenmu itu karena kalau gak berani ya bakalan ribet sendiri sih ujung" nya.

Maka ingatlah kutipan dari seorang ekonom India yang saya lupa namanya berikut: “ 𝐋𝐞𝐧𝐝𝐢𝐧𝐠 𝐦𝐨𝐧𝐞𝐲 𝐭𝐨 𝐚 𝐟𝐫𝐢𝐞𝐧𝐝, 𝐲𝐨𝐮 𝐥𝐨𝐬𝐞 𝐛𝐨𝐭𝐡: 𝐟𝐫𝐢𝐞𝐧𝐝 𝐚𝐧𝐝 𝐦𝐨𝐧𝐞𝐲. 𝐁𝐮𝐭 𝐢𝐟 𝐲𝐨𝐮 𝐬𝐚𝐲 ‘𝐍𝐨’, 𝐲𝐨𝐮 𝐨𝐧𝐥𝐲 𝐥𝐨𝐬𝐞 𝐭𝐡𝐞 𝐟𝐢𝐫𝐬𝐭 𝐨𝐧𝐞. "

Kalau ada yang mau menambahi silahkan berkomentar yang baik yaa hehe...
Kalau ada tulisan saya yang keliru ya mbok dimaklumi namanya juga manusia 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Tips & Triks