Tips & Triks PAPs UGM

 Bicara tentang persyaratan mendaftar studi S2, setiap universitas memiliki persyaratan masing-masing. Salah satu syarat mutlak yang hampir ada di setiap universitas adalah ‘telah mengikuti TPA dengan skor tertentu’.

Masing-masing TPA punya tingkat kesulitan sendiri. Tapi sebenarnya saya tidak berhak mengatakan ‘tingkat kesulitan’ karena sejatinya kesulitan di sini tidak sempit pada intelegensia saja, namun juga pada bagaimana cara kita memanfaatkan waktu yang ada karena model TPA selalu mengharuskan kita berpikir cepat.
Universitas biasanya memberi kita beberapa pilihan untuk mengikuti tes potensi akademik, di antaranya: tes yang diselenggarakan universitas secara independen, tes dari BAPPENAS, atau tes yang diselenggarakan oleh HIMPSI. Saya memilih mendaftar di universitas saja yakni di UGM. Kekurangan TPA UGM atau yang dikenal dengan tes PAPs (Potensi Akademik Pascasarjana) ini hasilnya hanya bisa kita gunakan untuk mendaftar di universitas tersebut, sementara TPA OTO BAPPENAS dan TKDA HIMPSI bisa kita pertimbangkan untuk mendaftar ke beberapa universitas (misalnya kamu masih belum yakin mau lanjut studi di mana) atau misalnya kamu punya kekhawatiran tidak diterima di universitas prioritas, kamu bisa gunakan lagi untuk mendaftar di universitas lain, karena masa berlaku TPA rata-rata 2 tahun, sama seperti TOEFL.

TIPS

1. Belajar soal-soal TPA, baik dari buku latihan soal atau download gratis dari internet. Saya sendiri ‘hanya’ belajar dari soal-soal TPA di internet. Tapi pastikan soal tersebut dilengkapi dengan kunci jawaban. Tidak harus ada penjelasan karena kita terkadang bisa menemukan ‘cara menjelaskan jawaban’ asal tahu kuncinya.

2. Selalu gunakan penghitung waktu.
Stick to the time. Usahakan setiap mengerjakan soal latihan gunakan 1 menit untuk mengerjakan 1 soal. Jika merasa sudah lewat waktu yang kita tentukan tapi masih yakin bisa mengerjakan soal tersebut, beri tambahan 1 menit lagi. Jika ternyata masih belum menemukan jawabannya, TINGGALKAN karena setiap soal memiliki bobot skor sama meski dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Banyak yang menyalahartikan 1 soal 1 menit ini. Ada yang bertanya, apakah setiap mau mengerjakan 1 soal kita harus mengecek stopwatch / jam? Tidak. Inilah gunanya berlatih. Latih kepekaan terhadap waktu. Di minggu awal mungkin susah. Memang. Tapi di minggu berikutnya kamu akan mendapatkan feel: bahwa kamu sadar telah berkutat selama 1 menit dengan soal tersebut tanpa harus memerhatikan jam. Jadi selanjutnya kamu hanya tinggal memastikan dengan mengecek waktu tiap selesai mengerjakan 5 atau 10 atau 15 soal tergantung kepekaan kamu untuk memastikan apakah kamu masih berada di jalur.

Jika misalnya kamu baru menyelesaikan 10 soal tapi waktu sudah berjalan 20 menit, pindahlah ke soal 20 untuk mengembalikan feel ‘stick to the time’. Jika kamu punya waktu sisa, silakan kembali ke soal yang kamu tinggalkan tadi. Ini penting karena perasaan ‘waktu sudah hampir habis’ akan sangat mengganggu mental kita dalam mengerjakan soal. Jangan hanya gara-gara diburu waktu kamu melakukan banyak kesalahan. Jangan.

3. Setiap kali selesai latihan, hitung skormu.
Caranya: total jawaban benar dibagi total butir soal, lalu hasilnya dikali 800 (800 adalah skor maksimal tes TPA pada umumnya secara kasar). Jika belum memenuhi target, misalnya targetmu 550, sering-sering berlatih.


Soal Tes PAPs UGM

Soal tes PAPs UGM sebenarnya hampir sama modelnya dengan soal TPA yang tersebar di internet dan di buku-buku latihan soal TPA: seperti tes kemampuan verbal (antonim, sinonim, analogi, dan teks), kuantitatif, dan penalaran. Yang membuat beda terletak pada tes penalaran. Ada sekitar 5 butir soal yang berisi gambar seperti diagram venn berikut:

Saya sendiri belum pernah menemukan seperangkat full contoh soal PAPs UGM yang diupload di internet.

Tapi percayalah pada saya (ehm) kalau kamu sudah terbiasa berlatih soal, stick to the time, dan selalu memperoleh skor latihan di atas target (misal 550), insya Allah skor PAPs-mu jauh melampaui ekspektasi.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
Tips & Triks